Menjalani dua pilihan sekaligus menghasilkan konsekuensi yang sangat tidak mudah. Seperti yang gue bilang di post awal tahun, I decided to take master degree. Dan... Tetep kerja. Puji Tuhan, bos memaklumi dan mengizinkan gue untuk setengah hari di kantor dan setengah hari di kampus. S2nya nggak di kampus Depok, tapi di kampus Salemba.

Kenapa S2 lagi? Sungguh, ini keputusan impulsif. Semua orang yang gue ceritain kadang sampai geleng-geleng kepala karena gue bilang alasannya adalah kangen kuliah lagi. :)) Mumpung masih kepengen, ya sudah deh S2-lah daku! Awal-awalnya sedikit cemas, apakah gue bener-bener kangen kuliah atau sebetulnya cuma kangen sama suasana kampus dan teman-teman di kampus dulu. Alhamdulillah, beneran kangen kuliah. Yang nggak ngangenin adalah ujiannya, bhahahak. Kalau mata kuliah analisis masih bisa ditahan-tahan (dan gak perlu terlalu getol belajarnya karena open book); tapi udah muak banget sama mata kuliah yang hafalan mati. Dari S1 emang gue nggak ada bakat lah sama mata kuliah hafalan mati, lah ini S2 masih aja? Hellow~~

Maap jadi curhat.

Post ini sebenernya udah mau gue buat dari minggu pertama kuliah lagi. Tapi ternyata mata dan jariku udah nggak kuat buat ngeblog habis pulang kampus. Tepar, mak! Sekarang UAS udah selesai. Well, belum resmi selesai karena ada satu mata kuliah yang nggak jelas mau UAS kapan. Tapi bolehlah bernafas sejenak. :)

NAH. Yang mau gue bahas kali ini adalah.... Apa sih bedanya kuliah S1 dengan kuliah S2?

Hal yang paling teramat sangat gue rasakan adalah: Kalau pas S1 lo dateng telat, maka lo akan duduk paling depan. Kalau pas S2 lo dateng telat, maka lo duduk paling belakang. Oleh karena gue kejar-kejaran waktu dari kantor ke kampus, nggak jarang juga gue terlambat sampai di kelas. Betapa kagetnya gue pas gue telat, kursi di depan malah udah penuh semua. BHAY, akhirnya duduk belakang sambil lost focus karena suara dosen samar-samar. Di lain sisi, sepertinya semuanya udah pada insyaf dan sadar untuk kuliah dengan bener karena uang kuliah mahaaaaal (apalagi kalau yang bayar sendiri!).

Kedua, hari Sabtu masih kuliah. Hahaha, ini sih kampus gue aja. Kampus lain biasanya banyak juga yang meski masih S1 hari Sabtu pun tetep kuliah. Not a big deal sih, jam biologis jadi teratur bangun pagi-pagi terus (termasuk di hari Minggu, huks).

Ketiga, nggak ada yang terlihat cari muka ke dosen dengan nyata-nyata. Pas S1, sering dong nemuin orang yang nanya menjelang kelas selesai, terus pertanyaannya sebenernya udah dijelasin di kelas? HIH! *sambit pake binder* Kalau S2, pertanyaan-pertanyaannya berbobot. Well, most of them. Gak jarang juga pertanyaan itu jadi bahan perdebatan karena yang satu yakin A, satunya yakin B; dengan argumen yang sama-sama masuk akal. Seneng deh jadinya, menambah khazanah ilmu dan sudut pandang. (((KHAZANAH)))

HAI!

Last but not least, perbedaan lainnya yang cukup signifikan adalah urusan ngumpulin duit. Jadi angkatan gue bikin inaugurasi; semacam acara ngumpul-ngumpul makan bareng dengan tambahan nyanyi-nyanyi, games, dan door prize. Apa yang bikin salut? Seangkatan isinya kalau gak salah ada 91 orang, 89nya bayar lunas 150K padahal itu rencana acara baru fix kayak H-14. *sembah* Hal ini tidak akan pernah terjadi di S1, di mana mengumpulkan uang kas organisasi tiap bulannya (yang kadang cuma 10-20K/bulan) adalah hil yang mustahal. :))) And yes, berkat acara inaugurasi itu jadi nambah temen deh! Woohoo! Dari yang lahirnya tahun 70-an, sampai yang lahirnya tahun 1994. Gue (seperti biasa) masih teramat payah mengingat-ingat nama teman-teman baru gue ini padahal kayaknya sekelas udah hafal nama satu sama lain .__. Ada yang punya tips nggak, gimana cara supaya cepet ngafalin nama dan muka orang?