Hal yang paling menyenangkan dari liburan ke Karimunjawa: untuk paket 3D2N dapat jatah island hopping dua hari! Jadi, pasca hari pertama snorkeling dan menikmati matahari terbenam, hari kedua kami explore Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar.

Karang-karangnya jauuuuh lebih keren daripada kemarin, mungkin karena lebih jauh juga ya naik kapal cepatnya. Sayangnya mulai memutih, yang keliatan berwarna + bergerak jauh banget di bawah (menurut gue jauh, ada kali 5-7 meter) dan ada ikat badut (Nemo!) yang tinggal di situ.

Foto underwater gue yang sendirian GAGAL TOTAL huhuhu... Gue baru ngeh sebenernya, kalau mau foto bawah air, at least keluarin dulu separo nafasnya. Foto-foto gue isinya pipi ngembung nahan napas, bubble, kalau nggak ya badan meliuk di permukaan dengan muka di dalem air -_______-"

Next time harus lebih baik lagi nih foto underwater, sayang banget gagal karena di Karimunjawa karang-karangnya dekat dengan permukaan. Beda banget dengan di Komodo, ngana harus bisa free dive dulu baru dapet foto ama karang + biota laut lainnya.

Matahari mulai naik, kami menepi ke Pulau Menjangan Besar; pulau yang ada tempat penangkaran hiu-nya. Dari Karimunesia sendiri tidak menyediakan paket untuk "berenang" bareng ikan hiu. Kalau ada pun gue ogah bangeeeet, secara sangat berisiko (ntar kalau digigit gimana?). Sambil nunggu makan siang (baca: ikan) ditangkap, dibersihkan, dan dimasak, kami kembali foto-foto lagi hahaha~

Cetar banget kaaaan? Udah berasa di Maldives deh....Sebenernya ada juga foto di ayunan di atas air gitu, cuma pada gak layak tayang gara-gara ekspresi kaga kece! Sebabnya.... Sambil nyengir kaki berasa disetrum gitu, gak taunya ada ubur-ubur kecil ckckckck....

By the way, Karimunjawa cerah banget = kami gosong parah; item di tangan gue gak ilang sampe sebulan balik dari sini! Sementara di kaki, sampai saat ini (baca: 5 bulan kemudian) belum pulih jugaaaaak! :""""(

Perkenalkan (Kiri-kanan): Mas Alex (juragan SPBU setempat rangkap pengusaha travel) dan Mas Lisin

We strike back! Hahaha... #terfujilah Fuji XA-3

Setelah kenyang, kami nyebur lagi. Kurang baik apalagi si Mas Alex, kita dikasih nyobain diving! Iyaaa, yang pake tabung itu tuuuuh. Gue sendiri gagal karena panikan, rasanya aneh aja gitu napas dari mulut dengan oksigen yang terlalu murni hahaha... Mba RK sukses keliling-keliling di bawah sana... Makasih ya Mas Alex, open trip bayar harga snorkeling tapi dikasih nyoba diving juga! :P

Selain itu, kami juga mampir ke gusung alias pulau pasir yang nongol kalau air laut surut aja.... Ternyata yang kayak gini dimana-mana ada ya, dulu gue kira cuma ada di Derawan hahahaha *dikeplak*. Nah di sini foto bareng-bareng peserta open trip lainnya, yang meskipun umurnya beda hampir 10 tahun sama gue, ternyata kita semua nyambung banget hahaha!

Ki-Ka: Gue, Mba RK, Jojo, Melly, Krisna

Sunset akhirnya kami nikmati di kapal, kemudian balik ke penginapan + bebersih. Malamnya kami mampir beli baju kaos berbahan bambu (murah dan design oke punya) dan makan di Alun-Alun Karimunjawa yang harganya (termasuk seafood) kayak harga Jakarta. Manalah sempat terjadi salah paham ketika gue bermaksud mesen mie 'goreng' jawa, namun ngomongnya adalah mie jawa sehingga yang muncul adalah mie 'godog' jawa. Haiiaaaa.... :P